Home » » Inilah Penyebab Gigi Berlubang

Inilah Penyebab Gigi Berlubang

Inilah Penyebab Gigi Berlubang
Berikut merupakan sajian informasi kesehatan tentang Penyebab Gigi Berlubang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin...
Salah satu masalah kesehatan mulut yang paling sering kita jumpai adalah gigi berlubang. Gigi berlubang dapat saja terjadi pada setiap usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kebanyakan beberapa hal yang dapat mengakibatkan gigi berlubang adalah mengkonsumsi makanan manis dan perilaku yang salah terhadap gigi.
Gigi berlubang dapat memicu rasa nyeri tak tertahankan. Biasanya rasa nyeri ini muncul ketika lubang pada gigi sudah terlalu dalam dan mengenai salah satu saraf gusi yang dapat memicu nyeri.
Sebelum mengetahui bagaimana cara pencegahan gigi berlubang, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu faktor-faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.
Berikut adalah Faktor Penyebab Gigi Berlubang

Cara Menyikat Gigi Yang Salah 
Jangan spelekanini, walau terbilang mudah tapi banyak orang yagn salah dalam menyikat gigi. Sikat gigi dilakukan sekitar 1-2 menit, cara menyikat gigi yang tepat adalah dari atas ke bawah bukan dari kiri ke kana atau sebaliknya. Ussahakan menyikat gigi didepan cermin agar kotoran terlihat dan mudah membersihkannya.

Gula dan Bakteri
Gigi berlubang disebabkan oleh gula dan bakteri. Bakteri akanmerubah gula dari sisa makanan menjadi asam dan membuat area mulut menjadi asam. Asam inilah yangkemudian membuat lubang kecil pada gigi. Saat lubang terjadi pada email gigi, biasanya nyeri belum muncul. Tetapi saat lubang kecil pada email tersebu menjadi celah bagi masuknya sisa makanan yang berpotensi membuat lubang yang lebih besar, maka rasa nyeri mulai datang.

Penggunaan Alat yang Kurang Tepat
Memilih sikat gigi yang tidak sesuai dengan karakter rongga mulut juga dapat berpotensi memicu gigi berlubang. Sikat gigi yang tidak sesuai mengakibatkan tidak terjangkaunya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Apalagi jika bulu sikatnya terlalu kasar sehingga bisa mengikis email gigi. Maka pilihlah bulu sikat yang lembut dengan ujung kepala mengecil karena semakin dalam ruang gigi dalam mulut semakin kecil.

Berikut adalah langkah-langkah antisipasi yang wajib anda coba untuk mencegah gigi berlubang dan rasa sakit yang ditmbulkan:

Sikatlah Gigi Minal 2x sehari
Pagi dan malam hari adalah waktu yang dianjurkan untuk menggosok gigi. Jika perlu tambahkan obat kumur sesudah menggosok gigi untuk mengurangi perkembangan bakteri yang berpotensi merusak lapisan gigi.

Menyikat Gigi dengan Benar
Gosok gigi secara teratur saja belum cuku, optimalkan dengan car amenyikat gigi dengan benar.

Kumur Setelah Makan
Salah satu penyebab dari gigi berlubang adalah kondisi keasaman rongga mulut akibat bakteri, Untuk mencegah keasaman mulut berkumurlah beberapa detik setelah makan untuk mengurangi sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi.

Gunakan Benang Gigi dibandingkan Tusuk Gigi
Sisa makanan yang tertinggal di bagian depan gigi sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan benang gigi ketimbang tusuk gigi. Menggunakan benang gigi relatif lebih aman karena tidak berujung lancip yang berpotensi melukai gusi.

Kurangi Konsumsi Makanan Manis
Seperti yang disebutkan diatas bahwa makanan manis dapat memicu keasaman rongga mulut pemicu gigi berlubang. Sumber: http://id.she.yahoo.com

Nah, Inilah Penyebab Gigi Berlubang dan solusi mencegahnya. Semoga informasi kesehatanini dapat bermanfaat untuk anda yang membutuhkan. Amin...

Best Regards_


Jika Sudah Membaca di KLIK yaa :
Anda sedang membaca Artikel tentang Inilah Penyebab Gigi Berlubang, dan anda bisa menemukan artikel Inilah Penyebab Gigi Berlubang ini dengan url http://toko-obattradisional.blogspot.com/2013/07/inilah-penyebab-gigi-berlubang.html. jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Toko Obat Tradisional - All Rights Reserved
Template by SHARE4RT | Proudly powered by Blogger